Hubungan Biaya, Volume
dan Laba
Analisis biaya, volume dan laba merupakan sebuah teknik atau alat yang
digunakan untuk mempelajari hubungan antara votume, biaya total, pendapatan
total dan laba, analisis ini sangat berguna bagi perencanaan atau perencanaan
laba dalam tahun anggaran tertentu.
Analisis hubungan BVL tidak hanya bermanfaat untuk organisasi yang
berorientasi pada laba, tetapi juga dapat digunakan untuk organisasi yang tidak
berorientasi pada laba. Organisasi tersebut perlu memahami bagaimana biaya
dapat dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan untuk membantu organisasi
dalam mengendalikan biaya.
Dalam melakukan analsis BVL didasarkan pada suatu asumsi bahwa:
- Semua biaya dapat dipisahkan menjadi biaya tetap dan biaya variabel.
- Jumlah biaya tetap tidak berubah dalam kisaran tertentu dari data yang dianalisis.
- Biaya variabel berubah seiring dengan perubahan dalam volume produk atau kegiatan dalam kisaran tertentu dari volume yang dianalisis.
Yakni merupakan salah satu alat analisis yang dapat digunakan untuk
menghitung dampak perubahan harga jual, volume penjualan, dan biaya terhadap
laba untuk membantu manajemen dalam perencanaan laba jangka pendek.
Dengan Analisis Biaya-Volume Laba perusahaan dapat mengambil kebijakan
atau langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka untuk mencapai perolehan
laba yang diharapkan.
Ada 3 (tiga) faktor yang mempengaruhi Laba :
- Volume produk yang dijual, berpengaruh terhadap volume produksi produk atau jasa tersebut.
- Harga jual produk,atau jasa akan mempengaruhi besarnya volume penjualan produk atau jasa yang bersangkutan.
- Biaya produksi, adalah biaya yang timbul dari perolehan atau untuk pengolahan suatu produk atau jasa akan mempengaruhi harga jual produk yang bersangkutan.
Analisis biaya, volume dan taba dapat digunakan untuk menentukan titik
impas dengan beberapa pendekatan persamaan matematika, pendekatan contribution
margin per unit, pendekatan contribution margin ratio dan pendekatan grafik.
Anggapan yang Mendasari Analisis Titik Impas:
- Variabilitas biaya dianggap akan mendekati pola perilaku yang diramalkan. Biaya tetap akan selalu konstan dalam kisaran volume yang dipakai dalam perhitungan impas, sedangkan biaya variabel berubah sebanding dengan perubahan volume penjualan.
- Harga jual produk dianggap tidak berubah-ubah pada berbagai tingkat kegiatan. Jika dalam usaha menaikkan volume penjualan dilakukan penurunan harga jual atau dengan memberikan potongan harga, maka hal ini mempengaruhi hubungan biaya, volume dan laba.
- Kapasitas produksi pabrik dianggap secara relatif konstan. Penambahan fasilitas produksi akan berakibat pada penambahan biaya tetap dan akan mempengaruhi hubungan biaya-volume- laba.
- Harga faktor-faktor produksi dianggap tidak berubah. Jika harga bahan baku dan tarif upah menyimpang terlalu jauh dibanding dengan data yang dipakai sebagai dasar perhitungan impas, maka hal ini akan mempengaruhi hubungan biaya, volume laba.
- Efisiensi produksi dianggap tidak berubah.
- Perubahan jumlah persediaan awal dan akhir dianggap tidak signifikan.
- Komposisi produk yang akan dijual dianggap tidak berubah.
Suatu perusahaan dikatakan dalam keadaan break even apabila dalam
usahanya pada suatu periode antara jumlah biaya dengan jumlah hasil penjualan
adalah sama. Pada keadaan ini berarti bahwa perusahaan tidak memperoleh laba
dan tidak mengalami kerugian. Jadi break even itu dapat diartikan suatu keadaan
dimana jumlah biaya dan jumlah penghasilan dari penjualan adalah sama, sehingga
perusahaan tidak mengalami kerugian dan tidak memperoleh keuntungan.
Break even adalah keadaan suatu perusahaan yang pendapatan penjualannya
sama dengan jumlah total biayanya, atau besarnya contribution margin sama
dengan total biaya tetap, dengan kata lain perusahaan tidak memperoleh laba
tetapi juga tidak menderita rugi atau rugi labanya sama dengan nol.
Suatu perusahaan dikatakan break even point apabila setelah dibuat
perhitungan rugi laba dari suatu periode kerja atau dari suatu kegiatan usaha
tertentu, perusahaan tidak memperoleh laba tetapi juga tidak mengalami
kerugian. Break even point merupakan suatu usaha yang tidak memperoleh laba dan
tidak menderita rugi. Dengan kata lain suatu usaha dikatakan break even jika
jumlah pendapatan sama dengan jumlah biaya atau apabila laba konstribusi hanya
dapat digunakan untuk menutup biaya tetap saja. Break even point adalah volume
(V) yang jumlah total pendapatan dengan total biaya dan keuntungan adalah nol.
Berdasarkan devinisi yang telah dikemukakan maka dapalah ditarik suatu
kesimpulan bahwa break even point adalah suatu tingkat penjualan yang
diperlukan untuk menutupi biaya operasional, dimana pada titik impas laba
sebelum bunga dan pajak sama dengan nol atau dengan kata lain perusahaan tidak
memperoleh laba dan tidak mengalami kerugian.
Analisis break even adalah suatu cara atau suatu teknik yang digunakan
untuk mengetahui pada volume (jumlah) penjualan dan volume produksi, apakah
perusahaan yang bersaing ketat tidak menderita kerugian dan tidak pula
memperoleh laba, dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Untuk mengetahui besarnya tingkat penjualan yang minimum yang harus
dilakukan perusahan agar biaya-biaya yang dikeluarkan dapat dikendalikan dengan
tingkat keuntungan atau laba yang direncanakan dapat dicapai, maka digunakan
rumus sebagai berikut :
Dimana:
FC = Biaya Tetap
P = Harga Jual Per Unit
S = Penjualan
VC = Biaya Variabel Per Unit
1 = Konstanta
π = Laba yang direncanakan
FC = Biaya Tetap
P = Harga Jual Per Unit
S = Penjualan
VC = Biaya Variabel Per Unit
1 = Konstanta
π = Laba yang direncanakan
b. BEP (dalam rupiah)
Saya setuju bahwa analisis biaya,volume dan laba (BVL) merupakan alat
analisis yang tepat bagi manajemen terkait hubungan antara biaya, volume
penjualan, dan laba. Karena dengan melakukan analisis BVL dapat diketahui
hubungan antara perubahan volume penjualan dan perubahan terhadap harga jual
dan jumlah biaya (biaya tetap dan variabel). Jadi, manajemen dapat menentukan
volume penjualan dan bauran produk yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat laba
yang diharapkan dengan sumber daya yang dimiliki.
Sedangkan break even point adalah alat atau usaha untuk mnyeimbangkan
antara biaya, volume dan laba. Hal ini karena sebuah perusahaan dinyatakan
tidak memperoleh laba dan tidak menderita rugi apabila volume (V) yang jumlah
total pendapatan dengan total biaya dan keuntungan adalah nol. Dan saya pribadi
menganjurkan setiap perusahan dapat mengontrol break even point dengan baik
demi kelancara arus biaya, volume penjualan dan laba.
No comments:
Post a Comment